Jumat, 01 Desember 2017

Hati Hati Penipuan atas nama Tuki Hadianto

Hati-hati penipuan Jual-Beli Online
Hampir tertipu oleh no
0822 8911 7211 atas nama Tuki Hadianto

Bismillahirrohmanirrohim saya hanya mau sharing tentang pengalaman saya hari ini yg HAMPIR tertipu di situs Jual Beli Online.

jadi kemarin saya coba menjual kamera di OLX, tiba2 tadi siang sudah ada yg menghubungi saya dan tertarik akan membeli kameranya, yg saya heran, tdk ada proses tawar menawar dari pembeli tersebut, hanya menanyakan berapa harga pas dan saya langsung bilang 9,5. Dan doi langsung mau transfer uangnya via Mandiri E-Cass, Nama saya Tuki Hadianto (berikut alamat lengkapnya)
Spontan saya sbagai penjual bahagia bgt krn ada yg mau beli brg saya, mau langsung bayar lagi, Wah saya pikir kok ini orang cepat bgt ya, apa ga takut penipuan... Saya coba berdiskusi dg teman saya (yg punya kamera) katanya hati2 itu penipuan, kmren jg ada yg kayak begitu, coba kamu hub CS Mandiri tanyain kasus2 seperti ini, oke aku langsung hub CS 14000 dan menceritakan kronolgi dari Awal, beruntung CS nya langsung bilang, "Mba hati2 sudah banyak laporan seperti itu, mengatas namakan Mandiri E-Cash, kemudian si Penipu akan memberikan screenshot bukti transfer PALSU ke kita, dan disitulah ketika kita cek saldo atm kita tdk ada dana yg masuk sama sekali, kemudian sipenipu akan mengerahkan kita ke Mesin ATM, dan akhirnya nanti malah jadi kita yang transfer, lalu si penipu kabur, sudah banyak laporan seperti itu mbak"
I said "oh gitu ya mas, untung saya ga jadi kirim no rekening saya"
Well karena saya masih penasaran saya Kirim wa ke Penipunya,
Mas maaf ya kita hanya bisa COD kalau Masnya mau biar saya yag ke alamat mas,
Tapi si penipu itu malah bilang maaf saya sibuk mbak,.
Dan setelah itu langsung memblokir WA saya.
Dan ini sangat2 tidak masuk akal, sesibuk2 nya orang ga akan mungkin dg mudahnya kasih transfer, apalagi dg org ga di kenal sama sekali, untungnya saya tdk memberikan no rekening saya, kalau ngga habislah saya.

Jadi guys intinya kita sebagai penjual atau pembeli harus extra hati2 terhadap kasus2 kek begini, masa iya sih ada yang beli barang kita sekonyong2 mau transfer tanpa melihat barangnya dulu, ini kan sungguh aneh,
Dan saya perhatikan responsnya sangat cepat.

Saya coba search atas nama Tuki Hadianto di Google yang keluar malah berita tentang penipuan,

Maaf kalau ceritanya kepanjangan, supaya kita semua hati dan jadilah Pembeli dan Penjual yang cerdas...

saya tidak habis pikir kalau tadi saya beneran ketipu, saya berharap orang yang mau nipu saya tadi kualat dan segera dapat hidayah dari Allah SWT,  karena asal dia tahu itu dana hasil penjualan kamera akan di alokasikan buat MASJID, untung allah masih melindungi saya.

SEKIANN

#HATIHATIPENIPUAN #MANDIRIECASH #TUKIHADIANTO #PENIPUANOLX #BESMARTSELLERANDBUYYER

1 komentar:

  1. Salam.
    Saya juga hampir tertipu.
    Untungnya saya pernah mengalami hal serupa yang mencurigakan. Setelah saya iklankan barang tidak lama kemudian ada yang langsung menghubungi. Pelaku langsung telepon ingin transfer uangnya. Padahal harga di iklan udah saya revisi/saya naikan dengan alasan salah pasang harga namun pelaku tetap setuju dengan harganya. Kecurigaanpun muncul, dalam hati bilang "kok ini orang semangat bangat." Dia bilang "saya akan transfer tapi bapak harus ke atm juga karena ada kode yang harus dimasukkan. Lalu saya bilang, kok aneh ngapain saya harus ke atm. Saya bilang mana ada seperti itu. Selanjutnya saya sengaja membuat dia frustasi lewat WA dengan bilang bahwa saya akan keluar menuju atm.
    Setelah 15 menit dia WA lagi dengan mengirim fake foto seolah dia sudah di atm. Saya bilang masih di jalan karena atmnya jauh (padahal saya tetap dirumah). Saya lalu menawarkan ke pelaku untuk COD saja, karena saya sudah di Tol. Dia sudah mulai sadar kalo saya kerjain, lalu saya bilang kalo mau nipu yang pinteran dikit napah wakakakakakkkk. Kemudian nomornya langsung tidak aktif.


    Kejadian kedua, penipunya mengatasnamakan Tuki Hadianto dengan nomor sama seperti di atas yakni 0822 8911 7211, saat saya pasang iklan jual kamera langsung ada yang hubungi, minta nego tapi saya bilang sudah net segitu dan dia langsung deal. Awalnya sempat senang tapi sedikit curiga karena dia bilang mau transfer dulu gak papa. Saya masih santai ajah nanyain alamat buat cek ongkir, ditawarin COD tidak mau. Mau dikirim saja wilayah Bogor Barat pakai JNE Yes. Pelaku bilang mau transfer pakai mandiri e-cash. Lalu mengirim gambar cara mengambil uang melalui mandiri e-cash. Lalu mengirimkan foto KTP atas nama Tuki Hadianto. Keisengan saya muncul lagi mau ngerjain pelaku tanpa pelaku menyadari kalo dia sedang dikerjain hehehee. Saya pura-pura bodoh gak ngerti apa-apa, saya bilang bingung baca itu gak ngerti. Pelaku minta saya ke atm mandiri, tapi saya bilang saya pakai BNI nanti kena charge sayang. Pelaku mau menganti charge biaya adminnya. Trus saya bilang bahwa saya biasanya pakai e-banking. Lalu saya reply foto KTP yang dikirimkannya dengan mengatakan seolah saya mengenal orang tersebut tidak lama kemudian nomor langsung tidak aktif. Jadi penasaran lihat mukanya hahahahaaa.... Padahal saya masih mau nerusin ngerjain.

    Saran saya bagi penjual barang yang diiklankan online jangan langsung percaya jika ada orang yang langsung menawar lalu ingin langsung transfer. Sepengalaman saya jual barang kalo ada yang minat beli untuk pemakaian sendiri dia akan tanya dulu kondisi barangnya secara detail. Klo langsung fokus ke harga itu ada dua kemungkinan, satu dia pedagang, satu lagi ya penipu.

    Saran bagi pembeli secara online, lebih baik membeli melalui e-commerce yang sudah terpercaya karena sistemnya barang sampai ke kita baru uangnya masuk ke penjual.

    Maaf kalo kepafanjangan komentarnya semoga bermanfaat.
    Salam.

    BalasHapus